Perpustakaan
- PROFIL
- STRUKTUR
- LAYANAN PERPUSTAKAAN
- OPAC
- UNDUHAN
Dalam bahasa inggris perpustakaan dikenal dengan istilah library. Istilah ini berasal dari kata latin yaitu liber atau libri artinya buku. Pengertian perpustakaan lebih umum menurut Sulistyo-Basuki (1993: 3) adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainya yang biasanya di simpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Sedangkan dalam Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, definisi perpustakan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/karya rekam secara profesionl dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka Perpustakaan STIK Bina Husada merupakan salah satu sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan civitas akademik suatu perguruan tinggi. Pada buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 5 tahun 1980 tentang pokok-pokok organisasi universitas atau institute disebutkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi termasuk kedalam unit pelayanan teknis (UPT), yaitu sarana penunjang teknis yang merupakan perangkat kelengkapan perguruan tinggi dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Pawit, 1991:102-103). Sebagai kegiatan penunjang Tri Dharma perguruan tinggi perpustakaan mempunyai beberapa fungsi diantaranya fungsi edukasi, sumber informasi, riset, rekreasi, publikasi.
Kepala Bagian UPT & PPM : Yusnilasari, SKM, M.Kes.
Kepala Sub Unit Perpustakaan : Lusiana, SIP
Staf Sub Unit Perpustakaan : Dwi Putri Cahyani
INFORMASI LAYANAN PERPUSTAKAAN
JAM BUKA PELAYANAN
Hari : Senin s/d Juma't
Jam : 08.00 s/d 16.00 WIB
Hari : Sabtu
Jam : 08.00 s/d 14.00 WIB
- Layanan Membaca di Tempat
Sistem layanan terbuka adalah sistem yang diberlakukan di perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada dimana pemustaka bebas memanfaatkan bahan pustaka yang ada.
Bagi civitas academica Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, bahan pustaka bisa dipinjam keluar sesuai tata tertib yang berlaku atau bebas memanfaatkan di tempat.
Bagi pengunjung tamu, harap mengisi buku tamu terlebih dahulu sebelum memanfaatkan bahan pustaka perpustakaan STIK.
- Layanan Sirkulasi
Merupakan layanan yang memberikan kesempatan kepada pemustaka agar dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan secara optimal dari segi waktu kunjungan maupun waktu membaca, terutama terhadap koleksi buku teks. Layanan sirkulasi terdiri dari pelayanan peminjaman dan pengembalian dan perpanjangan buku. Dalam melakukan peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada sudah menerapkan sistem otomasi perpustakaan.
Prosedur layanan peminjaman meliputi :
- Pemustaka menyerahkan buku yang akan dipinjam berserta kartu anggota kepada petugas layanan sirkulasi
- Petugas memproses peminjaman buku pada aplikasi digital library dengan scand barcode pada buku
- Petugas menulis nama peminjam dan tanggal pengembalian pada kartu buku dan lembar kembali
- Petugas menyerahkan buku kepada pemustaka
- Pemustaka menerima buku yang sudah diproses oleh petugas
- Proses peminjaman selesai
- Petugas layanan membuat rekapitulasi peminjaman dan membuat laporan kepada kepala perpustakaan
Prosedur layanan Pengembalian meliputi :
- Pemustaka menyerahkan buku yang akan dikembalikan atau diperpanjang kepada petugas layanan sirkulasi
- Petugas memproses pengembalian atau perpanjangan buku pada aplikasi digital library scand barcode pada buku
- Petugas menulis nama peminjam dan tanggal perpanjangan pada kartu buku dan lembar kembali apabila perpanjangan buku, kemudian petugas menyerahkan kembali buku kepada pemustaka apabila perpanjangan buku
- Petugas memembuat paraf pada kartu buku dan lembar kembali
- Petugas memberikan sanksi denda kepada pemustaka apabila terlambat mengembalikan buku
- Petugas memasang kembali kartu buku yang telah diparaf
- Petugas menyusun buku yang telah dikembalikan pada rak buku sesuai nomor klasifikasi
- Petugas layanan membuat rekapitulasi pengembalian dan membuat laporan kepada kepala perpustakaan
- Layanan Referensi
Layanan referensi merupakan layanan yang bersifat memberikan rujukan informasi yang sangat beragam seperti kamus, handbook, biografi, peraturan perundang-undang dan lain sebagainya.
Layanan Referensi suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung perpustakaan menemukan informasi dengan cara:
- Menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai/pengunjung perpustakaan dan kemudian menjawab dengan menggunakan koleksi referensi;
- Memberi bimbingan untuk menemukan koleksi referensi dan mencari informasi yang dibutuhkan;
- Memberi bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi
- Layanan Penelusuran Informasi
Merupakan layanan diberikan kepada pemustaka agar dapat melakukan penelusuran e-jurnal dan e-book yang dapat diakses dari dalam kampus maupun dari luar kampus.
5. Layanan Leterasi Informasi
Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada mengadakan pendidikan pemakai (literasi Informasi) yang dilakukan pada awal tahun akademik atau penerimaan mahasiswa baru. sosialisasi informasi perpustakaan untuk transfer knowledge kepada mahasiswa baru dan dimaksudkan untuk memberikan layanan bimbingan pemakai ke sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan agar pengguna memiliki keahlian dan ketrampilan didalam mengakses dan menelusur sumber- Sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan.
Perpustakaan STIK Bina Husada Palembang
Jalan Syech A. Somad No.27 22 Ilir, Ilir Barat II Palembang
0711 357378