Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang adalah sekolah tinggi ilmu kesehatan yang berada di Kota Palembang. STIK Bina Husada Palembang berstatus perguruan tinggi swasta dan berlokasi di Jl. Syech Abdul Somad No. 28 RT. 07 RW. 03 Kelurahan 22 Ilir Palembang. STIK Bina Husada memiliki empat program studi, yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Program Studi Kebidanan (PSKb), dan Pasca Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Sejarah Singkat STIK Bina Husada Palembang

Berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang didasari oleh keinginan yang luhur, disertai dengan tekad  yang suci untuk ikut serta dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan tinggi berdasarkan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan setingkat perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada tanggal 26 Juli 2000, Menteri Pendidikan Nasional RI. dengan SK. Mendiknas Nomor: 112/D/O/2000 menerbitkan surat izin penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang, yang terdiri dari 2 Program Studi yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) dan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), yang merupakan hasil kerja keras dari kumpulan beberapa orang yang mendirikan Yayasan Bina Husada yaitu Martawan Madari, S.KM, M.KM,  Herawati, AL, S.Sos, Dr. Amar Muntaha, SKM, M.Kes, dr. Chairil Zaman, M.Sc, dan Drs. M. Ali Yusuf.

Pada awalnya yaitu tahun 2000, STIK Bina Husada Palembang menggunakan fasilitas gedung Akademi Keperawatan Pembina untuk ruang kuliah dan kantor, sedangkan pada tahun 2001 secara keseluruhan STIK Bina Husada Palembang telah pindah ke gedung baru yang awalnya berbentuk Ruko dan kemudian menambah gedung baru berlantai empat di Jalan Syech Abdul Somad No. 28 RT. 07 RW. 03 Kelurahan 22 Ilir Palembang. Pada lokasi inilah mulai dibangun gedung-gedung dan renovasi gedung-gedung lama sehingga menjadi suatu kampus yang berjudul “Permata di Jantung Kota”.

Landasan Pengembangan STIK Bina Husada Palembang

Landasan pengembangan STIK Bina Husada Palembang adalah ketentuan-ketentuan yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan bidang pendidikan dan kesehatan, yaitu:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Statuta STIK Bina Husada Palembang.
  3. Undang-Undang Kesehatan Nomor 23 Tahun 1993.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
  5. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik.
  6. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Visi STIK Bina Husada Palembang

“Terwujudnya STIK Bina Husada Palembang Sebagai Lembaga Pendidikan Ilmu Kesehatan Terkemuka di Indonesia”.

Misi STIK Bina Husada Palembang

  1. Melaksanakan proses belajar dan mengajar yang standar.
  2. Mengikuti kurikulum yang sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  3. Memiliki mahasiswa yang selektif.
  4. Menyediakan dosen yang berkualitas.
  5. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang standar.

Tujuan STIK Bina Husada Palembang

Pendidikan di STIK Bina Husada Palembang dilaksanakan untuk mencapai tujuan sebagai berikut:

  1. Dihasilkan lulusan sebagai sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berbudaya, memiliki rasa tanggung jawab ke masyarakat dan kebangsaan, berdaya saing, serta memiliki pengetahuan dan berkemampuan akademik untuk diterapkan dan dikembangkan.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian melaluli penyelenggaraan Tridarama Perguruan Tinggi.
  3. Terbina dan berkembangnya budaya bangsa yang mempunyai nilai-nilai luhur dan universal.

Fasilitas Pendidikan

Dalam penyelenggaraan STIK Bina Husada Palembang berusaha melengkapi fasilitas serta sarana dan prasarana, hal ini dimaksudkan untuk mendukung “keunggulan bersaing” para lulusan yang akan memasuki pasaran kerja, dengan mempersiapkan fasilitas pendidikan antara lain:

  1. Gedung bertingkat (milik sendiri), yang terdiri dari:
    1. Gedung A : 4 lantai
    2. Gedung B : 4 lantai
    3. Gedung C : 4 lantai
  2. Laboratorium Komputer
  3. Laboratorium Keperawatan dan Kedokteran Dasar
  4. Perpustakaan
  5. Sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai

“Join the Bina Husada to See the World!!”